MENGIDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA SD

 



Oleh : Ludgardis Dheko 
Program Studi PGSD 
Semester II
Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng


Belajar adalah suatu kegiatan yang di jalankan secara sadar , sengaja , teratur dan terencana guna mengubah dan mengembangkan kualitas manusia didalam suatu sekolah . Sekolah adalah lembaga formal yang menjadi sarana pencapaian tujuan tersebut . Melalui sekolah , siswa dapat belajar berbagai macam hal . Baik ilmu pengetahuan maupun keterampilan . Dalam kenyataannya banyak siswa yang menunjukan tidak dapat mencapainya hasil belajar sebagaimana yang diharapkan . Beberapa siswa masih menunjukan nilai – nilai yang rendah meskipun telah di usahakan sebaik-baiknya oleh guru . Dengan kata lain , mengalami kesulitan belajar . Setiap anak atau siswa memiliki sesuatu yang membedakannya dengan orang lain , dan setiap orang mempunyai karakteristik sendiri – sendiri . Setiap anak atau siswa memiliki perbedaan , baik pada aspek fisik, emosional , intelektual , social , lingkungan dan tingkat ekonomi yang berbeda – beda . 
Ada beberapa kesuliatan belajar  yang  dapat di hadapi oleh anak SD , diantaranya adalah :
Kesulitan memahami materi pelajaran :Anak SD masih dalam tahap pembelajaran dasar dan belum memiliki kemampuan pemahaman yang matang .oleh karena itu , mereka mungkin kesulitan memahami materi pembelajaran yang lebih kompleks . 
Kesulitan berkonsentrasi :Anak SD cendrung mudah teralihkan perhatiannya sehingga sulit untuk focus dalam belajar . Hal ini dapat membuat mereka kesulitan memahami dan mengingat informasi yang telah di pelajari . 
Kesulitan dalam membaca :Membaca adalah keterampilan dasar yang harus di kuasai oleh setiap anak SD . Namun , beberapa anak mungkin mengalami kesulitan dalam membaca , seperti kesulitan mengenal huruf , membaca dengan lancar , atau memahami makna dari kata – kata yang dibaca . 
Kesuliatan dalam menulis :Menulis adalah keterampilan yang sangat penting dalam proses belajar . Anak SD mungkin mengalami kesulitan dalam menulis karena kesulitan dalam mengenal huruf , mengatur tulisan , atau mengekspresikan ide – ide mereka secara tertulis 
Kesulitan dalam menghafal :Anak SD mungkin kesulitan dalam menghafal fakta dan konsep yang di ajarkan dalam pelajaran . Hal ini dapat terjadi karena kurangnya pengalaman dan strategi belajar yang tepa untuk menghafal . 
Kesuliatan belajar dapat dilihat dari hambatan – hambatan dalam proses pembelajaran . Hambatan ini bersifat psikologis , fisiologis , atau sosiologi .
Kesulitan dalam berhitung :mereka mengalami kesulitan dalam berhitung karena mreka belum menguasai konsep dasar matematika . Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan mereka dalam memecahkan masalah matematika . 
Kesulitan dalam memahami intruksi :Anak SD mungkin kesulitan dalam memahami intruksi yang di berikan oleh guru atau orang tua . Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan mereka dalam menyelesaikan tugas atau mengikuti petunjuk. 

Oleh sebab itu anak yang mengalami kesuliatan belajar dalam hal ini membutuhkan layanan bimbingan belajar . Karena bimbingan belajar merupakan bagian yang tidak dapat di pisahkan dalam proses Pendidikan secara universal . oleh
karena itu , layanan bimbingan belajar wajib di lakukan untuk mencapai hasil standar tingkat pencapaian Perkembangan  Anak agar lebih optimal untuk mencapai kemajuan dan proses belajar. ****







 

No comments:

Post a Comment

Perlukah Memberhentikan pembangun Jalan Trans Di Bumi Papua

  Jalan Trans Papua adalah jaringan jalan nasional yang menghubungkan setiap provinsi di Papua, membentang dari Kota Sorong di Papua Barat...